Rumus 4P’s (Purpose, Professionalism, Passion, Pray) Anindya N. Bakrie

nfq2

Judul Buku : Notes From Qatar 2

Penulis : Muhammad Assad
Penerbit : Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : 303 Halaman
Harga : Rp. 78.000
ISBN : 9786020018331
Jenis buku : Motivasi
Terbit : Januari 2012

Notes From Qatar 2 merupakan buku terbarunya Muhammad Assad, yang masih berisi catatan si penulis dari blog pribadinya. Tetapi sama seperti halnya dengan pada Notes From Qatar Limited Edition, adanya yang spesial diberikan oleh sang penulisnya.
Pada buku yang sebelumnya, Assad menjelaskan tentang tagline 3P’s atau “Positive, Persistence, Pray” Adalah semangat atau karakter yang melekat dalam diri kita (inside), diakuinya merupakan formula yang diajarkan ayahnya dalam menjalani kehidupan untuk meraih kesuksesan. Sedangkan pada bukunya yang kedua ini, Assad menggunakan tagline 3H’s, yaitu Honest, Humble, Helpful” Formula yang juga masih ajaran dari ayah tercintanya. Menurutnya, 3H’s diperlukan dalam berinteraksi dengan orang lain (outside) sebagai kualitas diri yang harus kita miliki.
Honest (Jujur), Humble (Sederhana) dan Helpful (Suka Menolong), apabila kita menerapkan ketiganya dalam kehidupan niscaya kesuksesan dapat diraih. Jujur, dapat menghantarkan kita meraih kelancaran dan keberkahan meraih rezeki. Karenanya akan banyak orang yang senang bekerjasama dengan orang yang jujur, dengan kejujuran dapat membangun kepercayaan. Lalu Sederhana, kita dapat menjadi sukses dan membahagiakan karena kita selalu ingat untuk mensyukurinya bahkan dapat menjadikan kita kaya raya. Assad memberikan contoh, seorang pengusaha luar negeri yang kaya raya hidup dalam kesederhanaan, beliau bahagia dengan kehidupannya seperti itu. Sedangkan pengusaha kuliner dalam negeri dengan cara yang sederhana meraih rezeki berlipat, memberikan bonus 10 buah cupcakes kepada klien yang memesan sebanyak 100 buah. Di esok harinya sang klien memesan kembali dengan jumlah 3x lipat untuk acara di kantornya. Bila kejadian seperti itu terjadi berulang kali akan cepat kaya raya. Untuk yang terakhir, suka menolong menjadikan kita sebagai orang yang bermanfaat serta investasi untuk menolong diri kita sendiri suatu saat nanti. Semakin banyak memberi, maka semakin banyak pula kita menerima. Lalu baik atau buruknya perbuatan kita, nantinya akan kembali lagi ke diri kita sendiri pula. “Honest is the best attitude, Humble is the best approach and Helpful is the best investment!
Pada buku Notes From Qatar Limited Edition, yang spesial diberikan si penulis adalah terdapat tulisan mengenai rumus 3P’s yang diterapkan pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno. Sedangkan untuk kali ini, Anindya N. Bakrie pengusaha muda sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN berkesempatan memberikan mengenai dirinya dalam meraih kesuksesan dan proses pencapaiannya dengan menerapkan rumus 4P’s (Purpose, Passion, Professionalism, Pray).
Menurut Anindya, seorang pengusaha harus memiliki sebuah Purpose atau visi dan misi yang tidak hanya mencari keuntungan bagi kepentingan pribadi, tetapi juga dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat banyak. Sehingga dengan Passion atau kecintaan yang besar dengan apa yang kita kerjakan, maka membuahkan hasil yang maksimal. Sehingga sebuah professional atau Professionalism sangat diperlukan, agar tahu kekuatan dan kelemahan kita kemudian berusaha untuk memperbaikinya. Dan yang terakhir, yaitu Pray atau berdoa sebagai kunci dari semuanya, tanpa izin Allah maka segala sesuatu tidak akan tercapai. Dengan maksimalnya usaha dan berdoa menghantarkan kita dalam meraih kesuksesan.
Dan semakin spesial serta menjadi kelebihan dari buku ini adalah adanya #SSS atau “Sedekah Super Story”, 12 cerita tentang kedhasyatan bersedekah kiriman para pembaca blog dan follower twitter Muhammad Assad. Dan terdapat juga cerita akan pengalaman Assad yang menjadi salah satu delegasi G20 Youth Summit 2011. Pembelajaran mengenai leadership atau kepemimpinan, bagaimana menjadi seorang pemimpin yang dibebani oleh tanggung jawab yang Muhammad Assad pelajari.
Adanya kelebihan, pastinya ada pula kekurangan. Kekurangannya dari buku ini, gaya penulisannya lebih serius dibandingkan buku sebelumnya yang ditulis dengan gaya penulisan sederhana dan banyak unsur humorisnya.

Catatan kecil :

Alhamdulillah setelah berhasil meresensi buku Notes From Qatar Limited Edition, kembali saya meresensi Notes From Qatar yang kedua.

Hanya berjarak tiga minggu dari tanggal pengiriman, resensi pun dimuat di akhir bulannya. Notes From Qatar 2 kembali dimuat di Annida Online, 28 Maret 2012. Senang sekali rasanya, ternyata saya memiliki kemampuan menulis resensi buku.

Iklan

5 pemikiran pada “Rumus 4P’s (Purpose, Professionalism, Passion, Pray) Anindya N. Bakrie

  1. sering lihat bukunya pas selancar online
    tapi malah ga pernah tahu dan baru kali ini baca resensinya
    hehehehhehe

    suka sama ini “Semakin banyak memberi, maka semakin banyak pula kita menerima” 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s